Install semua Aplikasi, Games, Tema serta Modding lainnya hanya dengan Rp.10.000 Pulsa Tanpa terhambat masalah sertifikat - KLIK DISINI

Cara menggunakan aplikasi screenshot untuk hp nokia [Tutorial Lengkap]

Merespon banyaknya pengguna baru yang masih belum paham tentang cara menggunakan aplikasi screenshot nokia untuk memotret layar hp, pada update ini saya bermaksud membuat sebuah tutorial detail untuk menjawab pertanyaan ini. Prosedur penggunaan ini umumnya berlaku untuk hampir semua aplikasi screenshot untuk nokia symbian, dalam tutorial ini, aplikasi yang digunakan sebagai acuan adalah aplikasi screensnap s60v3. Untuk versi lainnya dari aplikasi screenshot ini bisa menyesuaikan karena memang biasanya tidak jauh berbeda. jika anda belum memiliki aplikasi ini bisa download melalui update terdahulu.
Fokus dari apa yang akan dibahas disini adalah bagaimana cara melakukan setting shorcut key dan cara penggunaannya. Shorcut disini adalah kombinasi tombol yang akan digunakan untuk mengambil screenshot.

Tambahan:
Untuk pengguna Smartphone Android yang membutuhkan referensi aplikasi screenshot bisa mengunjungi salah satu halaman  blog yang saya kelolah pada update: Daftar 5 aplikasi screenshot terbaik android.

1. Pengaturan tombol Shortcut

Pada kebanyakan aplikasi screenshot umumnya memiliki pengaturan shorcut key khusus yang bisa disesuaikan pengguna, untuk aplikasi screensnap, ini bisa diakses melalui antarmuka utama aplikasi (begitu anda membuka aplikasi, anda akan ditampilkan menu setting shorcut ini). Untuk aplikasi screenshot lainnya, anda bisa menemukan ini pada menu pengaturan (settings).

Antarmuka utama aplikasi screenshot screensnap

Pada screenshot diatas, pada daftar pertama, terdapat menu Shortcut Key, disini Shortcut Key yang telah ditentukan adalah Shift+G. Pengaturan shortcut key ini bukanlah pengaturan default (bawaan aplikasi), ini adalah pengaturan yang telah saya sesuaikan. Saat anda baru menginstal dan membuka aplikasi ini, shorcut key yang tampilkan tidak akan sama (bukan Shift+G).

Bagaimana cara setting shortcut key ini ?,
Klik pada menu "Shortcut key", layar pengaturan shortcut key akan terbuka, Untuk mulai mengatur shorcut key, cukup anda tekan kombinasi tombol (terdiri dari 2 tombol) yang akan digunakan, dan klik Done. Contoh kombinasi yang bisa anda gunakan adalah Shitf+G. Atau anda bisa menggunakan kombinasi tombol Shift dengan tombol apapun, silahkan anda sesuaikan saja. Untuk letak tombol ini bisa dilihat pada gambar berikut, dimana label "1" adalah lokasi tombol Shift dan diteruskan dengan menekan tombol "G" (label 2). Untuk keypad type hp lain bisa disesuaikan.



Penting:
Prosedur cara menekan kombinasi tombol dilakukan dengan cara tekan tombol pertama yang akan digunakan (tombol shift), tahan (jangan dilepas) kemudian tekan lagi tombol kedua (pada keadaan posisi tombol pertama masih tertekan).

Sedikit meninjau kembali antarmuka pengaturan pada shortcut key, dibagian kiri, terdapat fungsi "Clear", dan dibagian kanan terdapat fungsi "Done". Fungsi Clear ini digunakan untuk mereset shorcut key (ke No key), sedangkan fungsi "done" digunakan untuk menyimpan pengaturan.

Saya tidak bisa memberikan screenshot untuk pengaturan ini karena aplikasi ini tidak bisa memotret layar pada bagian setting ini.

Ketika pengaturan telah ditentukan (mengklik Done), anda akan kembali pada antarmuka utama. Disini informasi shortcut key yang ditampilkan seharusnya telah berubah sesuai dengan kombinasi yang telah anda gunakan. Beberapa pengaturan lain yang bisa anda sesuaikan adalah:

  1. Delay (sec): Untuk delay, setting ke "0" untuk mengatur agar aplikasi dapat memotret layar secara spontan (tidak ada jeda waktu dari sejak kombinasi tombol shorcut ditekan).
  2. Image Type: Menu ini berisi tentang pengaturan kualitas gambar yang diurutkan mulai dari yang terkecil hinggi kualitas gambar tertinggi (jpeg - high quality).


  3. Action: Save Image atau Send
  4. Base File Name: Ini adalah nama awalan default untuk file yang akan digunakan untuk hasil screenshot.


  5. Storage: Memilih mode penyimpanan, apakah ingin menggunakan memori telepon (internal) atau kartu memori (eksternal).
  6. Folder: Nama folder yang akan digunakan sebagai sub directory penyimpanan hasil screenshot.

PENTING:
Pada contoh ini, saya memilih Storage di "Phone Memory" dan Folder "ScreenSnap". Hasil screenshot akan ditempatkan pada C:\DATA\Image\ScreenSnap. Jika anda menggunakan "Memory Card" (kartu memori), hasil screenshot akan disimpan di E:\Images\ScreenSnap. Screenshot dibawah menampilkan lokasi folder hasil screenshot yang diakses melalui aplikasi X-plorer.

Lokasi Penyimpanan Screenshot di Memori Telepon  (C:\DATA\Images\Screensnap)
Lokasi Penyimpanan Screenshot di Memori Telepon
(C:\DATA\Images\ScreenSnap)

Lokasi Penyimpanan Screenshot di kartu memori
Lokasi Penyimpanan Screenshot di Kartu Memori (E:\Images\ScreenSnap)

2. Cara penggunaan: Memotret Layar Hp dengan Aplikasi Screenshot

Setelah semua pengaturan anda selesaikan, sekarang kita akan masuk pada tutorial cara penggunaan aplikasi yaitu bagaimana cara memotret layar hp dengan menggunakan aplikasi ini. Langkah-langkah pengambilan screenshot ini adalah sebagai berikut:
  1. Pada antarmuka utama aplikasi, tekan "Hide", ini akan menjalankan aplikasi dilatar belakang.
  2. Pada keadaan anda sedang berada pada layar apapun, untuk memotret layar, tekan kombinasi tombol shortcut yang telah ditentukan sebelumnya (Tekan dan Tahan tombol "Shift" kemudian diteruskan dengan menekan tombol "G").
  3. Screenshot layar ini akan secara otomatis tersimpan pada folder penyimpanan yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk aplikasi screensnap ini, sesaat setelah anda menekan kombinasi tombol shorcut, terdapat suara indikator yang berbunyi yang menandakan screenshot berhasil disimpan.

Bagi anda pengguna nokia e63 dan e71, pastikan hp anda telah dalam keadaan hacked untuk dapat memasang berbagai aplikasi tanpa terhambat oleh masalah "Sertifikat". Untuk yang memerlukan panduan cara hacking e63 dan e71, silahkan kunjungi post Cara hack nokia e63 e71. Dan bagi anda pengguna symbian s60v3 dan s60v5 versi lain, misalnya Nokia N73, Nokia X5, Nokia 5233, Nokia 5230, Nokia C5, Nokia C6 dan lain sebagainya, dapatkan solusi hacking hp anda DISINI.


1 comments

Mahesa
5 April 2016 10.17

Keren tutorialnya lengkap (y)..

Terimakasih atas Komentarnya di Cara menggunakan aplikasi screenshot untuk hp nokia [Tutorial Lengkap]
 
Ingin tanya-tanya seputar masalah symbian ?, Add facebook kami DISINI